Memonitor Keberadaan Orang-orang Terkasih Melalui HP

Era informasi yang semakin terbuka saat ini banyak membantu kehidupan kita sehari-hari. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan bagaimana memantau lokasi keluarga atau orang-orang terkasih melalui smartphone yang kita miliki dengan sebuah aplikasi. Kali ini, saya memberi referensi aplikasi yang memudahkan Anda untuk menemukan atau memantau lokasi mereka yang Anda kasihi.

Apa manfaatnya kita bisa memonitor orang-orang terkasih dari jarak jauh?

Di jaman yang semakin penuh tantangan ini, hal yang paling mengkhawaatirkan bagi orang-orang terkaih terutama anak-anak kita yang mendekati usia remaja adalah pergaulan bebas, terutama bagi anda yang berdomisili di daerah perkotaan besar, seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, Semarang, Medan dan sebagainya.

Manfaat dari aktivitas monitoring keberadaan orang-orang terkasih melalui HP adalah kita dapat memantau secara real time dimana keberadaan mereka terutama pada saat aktivitas jam-jam belajar/liburan. Dengan demikian kita bisa memantau keberadaan orang-orang yang kita cintai. Sebagai pengecualian adalah manakala jika yang menjadi sasaran monitoring (dalam hal ini HP - perangkat sasaran monitoring) diluar dugaan, misalnya dicuri, atau hal-hal yang tidak kita inginkan.

Caranya Bagaimana?

Persyaratan utama yang harus dipenuhi adalah harus memiliki smartphone. HP yang dapat kita lacak/monitor adalah jenis smartphone berbasis sistem operasi android. Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone berbasis android adalah didukung oleh perusahaan Google. Dengan demikian akan lebih mudah ketika kita dapat memonitornya dengan bantuan tool-tool yang dikelola oleh Google.

Langkah-langkahnya adalag sebagai berikut:
  1. Ketika membeli smartphone berbasis android, jangan lupa aktivasinya dengan menggunakan akun email anda. Aktifkan GPS di smartphone Anda lebih dulu. 
  2. Lengkapi smartphone tersebut dengan Android Device Manager (ADM) yang dapat didownload dari Google Play Store. Download  ADM dan install di perangkat android anda. Setelah terinstal, bukalah aplikasinya dan ikuti langkah-langkah atau petunjuk yang diberkan, jangan lupa klik Accept.
  3. Setelah terbuka, masukkan password. Anda juga bisa memonitor HP  orang terkasih anda melalui laptop/notebook yang terhubung dengan internet, dengan cara mengakses http://www.google.com/android/devicemanager
  4. Setelah terbuka hasilnya, lokasi HP orang terkasih anda seperti ditunjukkan gambar berikut. seandainya anda memiliki 2, 3, 4 HP yang terdaftar (teraktivasi dengan satu akun email anda) maka akan terdapat notasi-notasi titik letak/lokasi HP sesuai tempat si orang-orang terkasih secara real time saat itu juga. Tanda lingkaran biru dan atau merah pada gambar di bawah ini menunjukkan letak HP yang anda pantau.
  5.  Setelah ini anda bisa melakukan aksi: 
    • Jika HP berada di tempat yang tidak semstinya (bukan di kampus, bukan di tempat kos, atau tempat yang Anda ketahui sebelumnya) Anda bisa mengecek kebenarannya dengan cara meneleponnya. Anda bisa bertanya  dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana"Sedang dimana?" dan jika ternyata jawabannya "melenceng" jauh dari apa yang ditunjukkan oleh peta lokasi, anda perlu curiga, mungkin HP orang terkasih anda sedang berada di genggaman orang lain. Atau orang terkasih anda sedang berada di tempat yang bukan seharusnya. Misalnya night-club, dan sebagainya.
    • Jika HP berada di genggaman orang asing, bisa dikunci (lock) dengan fasilitas password. 
Demikian semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »